Ngurahrai Fire Fighting Dept.

You were in the Fire Zone

A380, Siapkah kita menyambut kedatangannya ?

A380 diproduksi oleh Airbus S.A.S adalah pesawat dua tingkat, dengan 4 mesin dan mampu memuat  sejumlah 850 penumpang dalam konfigurasi satu kelas atau 555 penumpang dalam konfigurasi tiga kelas. Pesawat ini melaksanakan penerbangan perdana pada 27 April 2005 dan akan memulai penerbangan komersial pada akhir tahun 2007 setelah ditunda beberapa kali. Pesawat ini juga merupakan pesawat komersil  (pesawat penumpang) terbesar yang pernah dibuat.

Pesawat ini mempunyai mesin empat mesin buatan Rolls-Royce Trent-900 yang mampu memberikan daya dorong 36.280 kg atau empat mesin kipas turbo Alliance Gp 7200, dengan daya dorong 37.003 kg. Pesawat A380 versi standar memiliki 854 kursi untuk penumpang, sementara A380-900 memiliki 1000 kursi untuk penumpang. Wow coba bayangkan seberapa besar pesawat jumbo jet ini.

A380 VIP  “flying place”

Rancang bangun interior Airbus A380 berpenumpang 20 atau 60 orang berisikan peralatan lengkap kantor atau ruang tidur, kursi nyaman, cocktail bar atau ruang makan dining atau relaxing zone dengan super-size TV screen.

Mesin

Tenaga disediakan dengan pilihan mesin turbofan rolls-royce trent atau Engine alliance GP7200. Rolls-Royce Trent pada awalnya menang dalam kompetisi (dipesan lebih banyak oleh para pemesan A380) namun, Engine Alliance memulihkan penjualannya dan pada sekarang ini mesinnya mendapat setengah bagian pasar.

First flying test

Airbus A380 diperlihatkan untuk pertama kalinya kepada publik pada januari 2005. A380 melakukan penerbangan perdananya pada 27 april 2005 dariBlagnac Toulouse International Airport , Toulouse, Perancis pada 8:29 UTC dan kembali mendarat dengan selamat pada 12:22 UTC di bandara yang sama.

Fasilitas

Airbus dan maskapai penerbangan yang akan menggunakan A380 menekankan kemampuan pesawat ini yang meningkatkan kenyamanan penumpang seperti kabin yang lebih luas dan berbagai fasilitas lain sepertibar, toko-toko, bahkan kasino seperti yang diumumkan oleh Virgin Atlantic.

Namun, melihat pengalaman Boeing 747 yang dahulu juga menjanjikan hal serupa, kelihatannya ruang yang lebih luas ini kemungkinan tidak akan dipakai untuk hal-hal seperti itu namun hanya akan dipakai untuk meningkatkan kapasitas pesawat dan menekan pengeluaran. Walau begitu, dengan perhitungan kapasitas 555 kursi, A380 seharusnya bisa menghadirkankabin kelas ekonomi yang lebih luas.

Airport juga memerlukan modifikasi pada terminalnya untuk dapat mengakomodasi naik turunnya penumpang yang lebih banyak. Gate 2 tingkat juga bisa diharapkan untuk meningkatkan efisiensi. Runway pun harus diperlebar lagi, karena lebar yang diperlukan adalah 60 meter.

untuk mengantisipasi semua berubahan yang dibutuhkan untuk menyambut kedatangan A380 di perlukan biaya dan perhitungan yang tepat, mampu kah kita. Saya rasa kita sanggup melakukan semua itu, gengsi donk negara sekecil Singapore saja mampu…. masak negara sebesar kita tidak bisa. Suatu kalimat untuk membangkitkan kita sebagai orang besar dari bgansa yang besar pula.

January 19, 2010 - Posted by | imagine

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: